Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah

By | July 15, 2017

Jerawat adalah peradangan pada kulit dimana kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak terinfeksi bakteri, membengkak, dan berisi nanah.

Kelebihan sekresi septum oleh kelenjar minyak adalah penyebab utama dibalik masalah ini. Jerawat umumnya terjadi pada wajah, leher, punggung dan bahu. Meski bukan kondisi kritis, jerawat dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri dengan penampilan mereka.

Banyak orang yang menggunakan berbagai lotion dan obat-obatan lainnya untuk mengobati jerawat mereka, namun penggunaan tersebut dapat memakan banyak waktu dan berisiko. Untuk itu disarankan menggunakan bahan alami, banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat, nah kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami. Berikut selengkapnya:

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Baking Soda

Baking soda tidak hanya dapat digunakan dalam pembuatan kue namun juga dapat digunakan untuk mengobatio jerawat. Hal tersebut karena baking soda dapat membantu mengelupaskan kulit untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran dan juga sel kulit mati. Cara pengobatannya yaitu:

  • Campurkan 1 sdt bking soda dengan air atau jus lemon hingga terbentrik pasta kental.
  • Cuci kulit anda dan biarkan sedikit lembab.
  • Setelah itu oleskan pasta baking soda yang telah dibuat ke area yang berjerawat dan biarkan beberapa menit hingga mengering. Jangan terlalu lama menggunakan bakinng soda di kulit anda karena dapat menyebabkan kekeringan atau iritasi.
  • Jika sudah, cuci mukan anda dengan air hangat. Untuk hasil lebih maksimal, lakukan hal ini sebanyak dua kali sehari.

Madu

Madu merupakan salah satu sumber antibiotik alami yang dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi. Hal ini tentu saja termasuk mengobati jerawat. Cara mengobati jerawat yaitu:

Cara I :

  • Letakkan madu di kapas, lalu terapkan ke area yang berjerawat. Biarkan selama 30 menit.
  • Jika sudah, selanjutnya cuci kulit dengan air suam-suam kuku.
  • Untuk hasil maksimal, lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari.

Cara II:

  • Buat pasta dengan mencampurkan madu dengan kayu manis, lalu oleskan pada area yang berjerawat sebelum tidur. Pada pagi hari, akan terjadi pembengkakan. Cuci kulit dengan menggunakan air dingin.

Mentimun

Mentimun merupakan sumber potassium dan vitamin seperti vitamin A, C, dan E. Mentimun memiliki efek pendingin dan penenang kulit, sehingga dapat membantu untuk menghilangkan jerawat. Barikut cara selengkapnya:

Cara I :

Potong mentimun menjadi beberapa potong dan rendam dalam air selama satu jam. Setelah itu, saring air dan minum atau bisa juga gunakan air untuk mencuci muka.

Cara II :

Mentimun dibuat masker wajah, caranya haluskan mentimun lalu oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering kurang lebih selama 15 menit. Cuci muka denga air hangat.

Pepaya

Pepaya merupakan salah satu sumber antioksidan vitamin A yang baik dan memiliki enzim yang dapat memnatu untuk mengurangi peradangan dan membuat kulit halus dan lembut, sehingga pepaya ini dapat digunakan untuk mengobati jerawat, caranya:

  • Haluskan papaya yang masih mentah lalu oleskan pada area yang berjewarat. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas.
  • Selain itu, pepaya dapat dibuat masker wajah. Caranya: Haluskan potongan papaya dan tambah sedikit madu. Oleskan pada wajah dan pijat dengan lembut. Biarkan selama beberapa menit hingga mengering lalu bilas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *