Cara Alami Mengurangi Rambut Rontok

By | July 15, 2017

Rambut rontok memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang banyak diderita orang. Rambut rontok dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya: efek penuaan, lingkungan, terlalu banyak tekanan, merokok berlebihan, kekurangan gizi, ketidakseimbangan hormon, faktor genetik, infeksi kulit kepala, pengguanaan produk rambut yang salah, pengobatan atau kondisi medis tertentu seperti penyakit auto imun, tiroid dan lain sebagainya.

Terdapat sekitar 100,000 helai rambut di kulit kepala kita dan apabila kerontokan terjadi 50-100 helai rambut perhari dianggap sangat normal, tapi jika lebih dari itu kita perlu melakukan tindakan segera agar kerontokan tersebut berkembang menjadi kebotakan. Untuk mengatasi rambut rontok dapat dilakukan menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan cara penggunaannya:

Cara Alami Mengurangi Rambut Rontok

Minyak Rambut

Untuk mengurangi kerontokan rambut dapat dilakukan dengan cara melakukan pemijatan kulit kepala dengan menggunakan minyak rambut seperti minyak kelapa atau almond, minyak zaitun, minyak jarak, minyak alma dan lain sebagainya. Pemijatan rambut dan kulit kepala yang tepat dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, mengkondisikan kulit kepala dan meningkatkan kekuatan akar rambut. Selain itu, ini juga dapat mendorong relaksasi dan mengurangi perasaan stres.

Cara pemijatannya yaitu pertama terapkan minyak rambut yang akan digunakan ke rambut danm kulit kepala lalu lakukan pijatan ringan dengan menggunakan ujung jari. Lakukan hal ini setidaknya seminggu sekali.

Gooseberry  India

Gooseberry India atau Alma atau Malaka ini kaya akan vitamin C. Kekurangan vitamin C dalam tubuh dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Selain kaya vitamin C, Anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri, dan sifat pengelupasan yang ada pada alma dapat membantu menjaga kulit kepala agar tetap sehat dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara penggunaan ini untuk mengurangi  tambut rontok yaitu:

  • Campurkan 1 sendok makan gooseberry india dan 1 sendok makan jus lemon.
  • Setelah itu terapkan ke rambut dan kulit kepala secara merata dan pijat. Tutup rambut dengan shower cap. Biarkan semalaman lalu keramas rambut anda pada pagi hari.

Fenugreek

Fenugreek atau Methi atau Klabet ini sangat efektif untuk merawat rambut rontok. Biji klabet mengandung hormon anteseden yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan membantu membangun kembali folikel rambut. Selain itu biji fenugreek juga mengandung protein dan asam nikotinat yang merangsang pertumbuhan rambut. Cara mengatasi rambut dengan fenugreek yaitu:

  • Rendam satu cangkir biji fenugreek dalam air semalaman.
  • Di pagi hari, giling biji tersebut untuk membuat pasta.
  • Oleskan pasta ke rambut dan tutup dengan shower cap. Setelah sekitar 40 menit, bilas rambut Anda.
  • Lakukan hal ini setiap pagi selama sebulan.

Jus Bawang

Karena memiliki kandungan sulfur yang tinggi, jus bawang merah dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, meregenerasi folikel rambut dan mengurangi peradangan sehingga jus bawang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Caranya: Ekstrak bawang merah menjadi jus lalu saring. Selanjutnya oleskan langsung ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit lalu bersihkan. Terakhir keramasi rambut anda.

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu campurkan 3 sdm jus bawang merah dan 2 sdm gel aloe vera. Anda juga dapat menambahkan 1 sdm minyak zaitun. Oleskan campuran bahan-bahan tersebut ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit setelah itu bilas dan keramasi rambut anda.

Ulangi perawatan dengan jus bawang merah ini sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu selama beberapa minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *