Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dengan Mudah

By | July 15, 2017

Komedo adalah pori-pori yang tersumbat. Penyebab munculnya komedo yaitu sel kulit ati dan kelenjar minyak berlebih pada kulit.

Terdapat 2 jenis komedo yaitu Blackhead dan Whitehead. Blackhead atau komedo yang terbuka, cirinya yaitu pori-pori membesar dan menghitam. Whiehead atau komedo tertutup yaitu komedo yang memiliki kulit yang tumbuh diatas pori-pori sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil.

Adanya komedo membuat kita merasa tidak percaya diri karena terkadang komedo dapat terlihat sangat jelas. Komedo juga membuat kita merasa tidak nyaman karena terkadang akan terasa gatal. Menghilangkan komedo dapat dilakukan denganĀ  melakukan pijatan dengan jari atau menggunakan ekstraktor komedo. Namun selain 2 cara tersebut terdapat beberapa bahan alami lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan komedo di wajah secara alami:

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Tanah Liat

Tanah liat Bentonit yang kaya akan mineral telah diguankan selam berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit terutama yang berkaitan dengan kulit. Molekul pada tanah liat ini mememiliki muatan listrik yang dapat menarik minyak dan kotoran lain yang terkunci dalam pori-pori keluar. Untuk itu, tanah liat ini dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya yaitu:

  • Campurkan 1 sdm tanah liat bentonit dengan air secukupnya atau cuka sari apel hingga membentuk pasta kental untuk diaplikasikan sebagai masker. Setelah itu oleskan pasta tersebut ke wajah anda secara merata, tipis saja dan biarkan selama 10-25 menit lalu bilas dengan air suam-suam kuku.

Putih Telur

Putih telur yang dijadikan masker dapat mengencangkan pori-pori semnetara sehingga mengurangi komedo. Caranya yaitu:

  • Siapkan telur dan ambil putih telurnya saja. Bilas wajah anda dengna air lalu keringkan dan selanjutnya oleskan putih telur ini ke kulit anda tipis saja.
  • Letakkan selembar tisu di atas putih telur yang basah, lalu terapkan ke wajah anda dengan lembut. Biarkan lapisan pertama mengering. Lapisan kedua putih telur di atas tisu dioleskan dengan hati-hati (cobalah olesi dengan jari anda lalu terapkan kembali dan biarkan lapisan ini kering jika mau menerapkan lapisan ketiga. Saat masker kering, wajah Anda anda terasa kencang. Jika sudah begitu, kupas tisu, lalu bersihkan wajah Anda dengan lembut.

Susu dan Madu

Susu dan madu memiliki khasiat yang baik bagi kulit, sehingga pastilah dapat digunakan untuk menghilangkan komedo, caranya:

  • Campurkan 1 sdm madu dengan 1 sdt susu. Panaskan selama 5-10 detik di microwave, lalu campurkan lagi hingga tercampur rata. Jika dirasa sudah tidak terlalu panas, oleskan di atas komedo tipis saja, kemudian dengan lembut tapi tepuk tepuk kapas kering dan bersih ke atasnya. Biarkan kering minimal selama 20 menit dan hati-hati mengupas stripnya. Bilas dengan air dingin dan melembabkan seperti biasa.

Baking Soda dan Air

Baking soda dapat membantu menghilangkan komedo namun penggunaannya sedikit saja jangan berlebih karena dapat mengeringkan kulit. Cara menghilangkan komedo dengan baking soda yaitu:

  • Campur air secukupnya dengan baking soda untuk membentuk pasta yang tebal namun menyebar. Terapak ke area yang berkomedo lakukan gerakan memijat melingkar dengan lembut. Bilas secara menyeluruh dengan air biasa, tepuk wajah Anda kering, lalu pastikan Anda melembabkan.

Cuka Sari Apel dan Daun Mint

Untuk menghilangkan komedo dengan Cuka Sari Apel dan Toner Daun Mint, Anda dapat melakukannya dengan cara:

  • Masukkan cuka dan daun mint ke dalam botol kecil dan biarkan selama 1 minggu di tempat gelap yang sejuk. Saring, tambahkan secangkir air dan simpan di kulkas hingga 6 hari. Gunakan ini pada malam hari, bilas dulu wajah Anda dengan air kemudian gunakan bola kapas bersih untuk mengoleskan toner. Biarkan dalam semalam atau beberapa jam saja apabila Anda memiliki kulit sensitif dan bilas di pagi hari. Tindak lanjuti dengan menggunakan pelembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *