Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Secara Alami

By | July 15, 2017

Jerawat adalah peradangan pada kulit dimana kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak terinfeksi bakteri, membengkak, dan berisi nanah.

Kelebihan sekresi septum oleh kelenjar minyak adalah penyebab utama dibalik masalah ini. Jerawat umumnya terjadi pada wajah, leher, punggung dan bahu. Meski bukan kondisi kritis, jerawat dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri dengan penampilan mereka.

Banyak orang yang menggunakan berbagai lotion dan obat-obatan lainnya untuk mengobati jerawat mereka, namun penggunaan tersebut dapat memakan banyak waktu dan berisiko. Untuk itu disarankan menggunakan bahan alami, banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat, nah kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami. Berikut selengkapnya:

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Es Batu

Es dapat digunakan untuk cepat mengurangi kemerahan, bengkak dan radang jerawat. Es membantu meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang terkena dan dalam mengencangkan pori-pori kulit dan menghilangkan kotoran dan akumulasi minyak pada kulit.  Caranya:

  • Bungkus es dengan kain dan tahan di area kulit yang terkena selama beberapa detik.
  • Tunggu beberapa menit dan ulangi prosesnya.

Lemon

Jus lemon membantu jerawat mengering lebih cepat. Jus lemon yang digunakan adalah jus lemon segar dan bukan jus botol yang berpengawet. Caranya:

  • Celupkan kapas bersih ke dalam jus lemon segar dan oleskan ke jerawat sebelum tidur.
  • Anda juga dapat mencampur 1 sdm jus lemon dengan 1 sdt bubuk kayu manis dan taruh di jerawat semalam. Di pagi hari, cuci kulit dengan air suam-suam kuku. Namun,cara ini tidak sesuai untuk anda yang memiliki kulit sensitif.

Pasta gigi

Selain digunakan untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga  dapat digunakan untuk mengobati jerawat dengan cepat. Hal ini paling efektif jika digunakan setelah menggunakan es. Anda harus menggunakan pasta gigi putih dan hindari penggunaan pasta gigi gel. Cara penobatannya yaitu:

  • Sebelum tidur, oleskan pasta gigi putih ke area kulit yang berjerawat.
  • Di pagi hari, cuci muka dengan air dan Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam pembengkakan.
  • Jika mau, Anda dapat mengulang prosesnya di siang hari juga. Pastikan pasta gigi tetap ada pada jerawat setidaknya selama setengah jam.

Uap

Uap akan membuka pori-pori kulit Anda dan membiarkan kulit Anda bernafas.  Uap membantu menyingkirkan minyak, kotoran dan bakteri yang terjebak dalam pori-pori yang bisa menyebabkan infeksi atau pembengkakan. Caranya:

  • Isi wadah besar dengan air panas dan biarkan uap bersentuhan dengan wajah Anda selama beberapa menit.
  • Bilas wajah Anda dengan air hangat dan setelah dikeringkan, oleskan pelembab bebas minyak.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan antiviral, antijamur, antiseptik dan zat antioksidan yang dapat membantu dalam pengobatan jerawat dengan cepat. Sulfur dalam bawang putih juga mempercepat penyembuhan jerawat. Caranya:

  • Potong bawang putih segar menjadi dua bagian.
  • Gosokkan bawang putih pada jerawat dan biarkan selama lima menit sebelum mencuci kulit dengan air suam-suam kuku.
  • Ulangi perawatan beberapa kali dalam sehari.

Mengkonsumsi satu siung bawang putih mentah setiap hari juga dapat membantu menyucikan darah Anda. Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih mentah karena dapat mengganggu perut anda.

Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah minyak daun tanaman malaeuca yang berasal dari Australia. Minyak pohon teh sangat bagus untuk mengobati jerawat. Minyak pohon teh ini mempunyai sifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, dengan sifat menenangkan yang dimiliki oleh minyak pohon teh, ini membantu mengurangi kemerahan dan radang jerawat serta dapat membantu mengeringkan komedo. Cara pengobatannya yaitu:

Cara I : Calupkan kapas pada minyak esensial pohon teh lalu oleskan ke daerah yang terkena. Setelah 15-20 menit, bilas.

Cara II : Campurkan minyak pohon teh beberapa tetes dengan 1 sdm gel lidah buaya lalu oleskan pada jerawat. Biarkan selama 20 menit lalu bilas.

Cara III : Campurkan 5 ml minyak pohon teh dengan air sebanyak 95 ml, lalu oleskan pada area kulit berjerawat dengan menggunakan kapas. Untuk hasil maksimal, lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *