Harga Alat Ukur Kadar Air Beras

By | September 8, 2017

Harga Alat Ukur Kadar Air Beras – Beras merupakan bijian yang berasal dari gabah namun yang sudah terlepas dari sekamnya. Beras ini merupakan makanan pokok yang ada di negara kita.

Harga Alat Ukur Kadar Air Beras

Dahulu pengolahan beras masihlah sangat sederhana, yaitu pertama gabah yang telah dipanen akan dijemur dahulu. Bila telah kering maka gabah ini akan ditumbuh dengan lesung hingga terlepas antara beras dan sekamnya. Namun kini pengolahannya sudah tidak menggunakan proses penumbukan, yaitu menggunakan mesin giling.

Beras ini merupakan bijian yang berwarna putih dan berbentuk kecil, namun ada juga varian lain dari beras yang tidak berwarna putih yaitu beras merah dan beras hitam atau yang sebenarnya agak keungu-unguan warnanya.

Baca Juga : Macam Macam Beras di Indonesia

Sebagai makanan pokok beras ini mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi, namun tidak hanya itu saja kandungannya, beras ini juga mengandung vitamin, protein, mineral, dan air.

Ciri-ciri beras yang baik dan layak dikonsumsi cukup mudah dikenali, ciri tersebut adalah :

Tampilan Beras

Beras yang baik biasanya berwarna bening sedikit kekuningan dan juga pastikan beras ini tidak terdapat kutu dan kerikil-kerikil kecil. Berhati-hatilah bila beras ini berwarna terlalu putih karena dikhawatirkan beras ini sudah dicuci menggunakan klorin, tawas, bahkan pemutih pakaian dan rasanya agak pahit.

Aroma Beras

Beras yang baik dapat diketahui dari aromanya yang tidak apek namun juga tidak memiliki aroma pandan yang terlalu menyengat karena biasanya beras telah ditambah pewangi pandan.

Tekstur Beras

Tekstur beras yang baik biasanya agak keras dan tidak mudah patah. Cara pengujiannya Anda dapat mengigit beras tersebut, bila beras tersebut mudah hancur maka beras tersebut memiliki kualitas yang kurang baik.

Kadar Air Beras

Ciri terakhir dari beras yang baik adalah dapat dilihat dari kadar airnya. Semakin kecil kadar airnya maka beras tersebut memiliki kualitas yang baik.

Biasanya kadar air beras ini susah untuk diketahui karena dalam mengetahuinya kita tidak bisa melakukannya secara manual atau langsung seperti ciri sebelumnya. Kita membutuhkan semacam alat ukur untuk mengetahui kadar air beras ini.

Kadar air beras ini dapat menjamin kualitas beras karena dengan kadar air yang sesuai beras dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa mengalami pembusukan. Kini sudah terdapat alat yang dapat digunakan untuk mengukur kadar air beras dengan mudah, alat ini adalah Alat Pengukur Kadar Air Gabah / Beras JV-002S.

Alat Pengukur Kadar Air Gabah / Beras JV-002S merupakan alat ukur digital yang dirancang untuk pengukuran kadar air pada biji-bijian seperti padi / gabah, jagung dan beberapa jenis biji bijian lainya.

Alat ini memiliki desain yang simpel dengan menggunakan teknologi yang canggih membuat alat ini dapat mengukur dengan cepat dan akurat. Untuk melihat hasil pengukuran alat ini juga telah dilengkapi layar LCD untuk melihat hasil pengukuran. Berikut akan kami jelaskan fitur unggulan dari alat ukur ini.

Fitur Unggulan Alat Pengukur Kadar Air Gabah / Beras JV-002S :

  • Mudah, cepat dan akurat
  • Sumber daya AC/DC
  • High-brightness backlight LCD, clear and energy-saving
  • Kalibrasi multi point, koreksi kesalahan (error correction)
  • Konsumsi daya hemat, shutdown otomatis
  • Pengukuran berat dan kompensasi suhu otomatis
  • Konversi voume – berat
  • Mampu melakukan pengukuran: bahan makanan, dan sampel bijian non metal lainnya, seperti: biji beras, gandum, jagung, kedelai, rapeseed, dan lain – lain

Dengan berbagai keunggulan alat ukur ini tentu akan sangat memudahkan Anda dalam mengukur kadar air pada beras. Anda bisa membeli alat ini di CV. Java Multi Mandiri, alat ini dibanderol dengan harga 7 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *